Manfaatkan Program JKN, Erni Peserta PBI Kota Madiun: Tak Lagi Khawatir Berobat - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Manfaatkan Program JKN, Erni Peserta PBI Kota Madiun: Tak Lagi Khawatir Berobat

Share This


Madiun, Pojok Kiri - Erni Puji Lestari seorang warga Kota Madiun merasakan betapa besar manfaat yang diperoleh ketika menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Wanita yang kesehariannya berprofesi sebagai pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Madiun merupakan peserta JKN yang berasal dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI).


“Saya tak lagi perlu khawatir jika sewaktu-waktu harus berobat. Kebetulan juga saat ini saya sedang mengandung empat bulan, jadi benar-benar harus menjaga kesehatan saya dan buah hati,” ungkap Erni.


Hal yang disyukuri oleh Erni adalah karena dirinya merupakan peserta JKN segmen PBI, maka ia dan keluarga tidak perlu lagi memikirkan iuran yang setiap bulan harus dibayarkan. Ia mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen dari pemerintah dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat secara keseluruhan. Semua masyarakat bisa mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.


“Kalau dulu sebelum terdaftar sebagai peserta JKN, misalnya sakit ya berpikir untuk ke dokter. Selalu takut kalau nanti biayanya mahal, apalagi kalau misal harus dirujuk ke rumah sakit. Tapi sekarang, benar-benar tenang karena jika kita sesuai dengan alur dan prosedur yang telah ditentukan, pastinya akan dijamin oleh BPJS Kesehatan,” jelasnya.


Di tengah kesibukan yang setiap hari mengharuskan dirinya berdagang, wanita 36 tahun tersebut tidak lupa selalu memeriksakan kondisi kehamilannya di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat dirinya terdaftar. Pelayanan yang dirasakan saat mengakses layanan kesehatan menggunakan Program JKN, menurutnya sangat baik dan memuaskan. Dirinya memperhatikan juga bahwa tidak ada perbedaan layanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan kepada pasien peserta JKN, maupun pasien yang membayar secara mandiri.


“Mulai dari pendaftaran, hingga akhirnya mendapatkan obat, semua petugasnya baik dan memberikan informasi yang jelas. Saya sebagai peserta JKN bisa memberikan testimoni bahwa pelayanannya cukup memuaskan. Bahkan ada kemudahan yang saya dengar bahwa saat ini sudah bisa berobat cukup menunjukkan NIK atau KIS Digital yang bisa ditunjukkan melalui Aplikasi Mobile JKN,” jelas Erni.


Akses layanan yang dilakukan BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraan Program JKN yang salah satunya adalah cukup menunjukkan NIK atau KTP tersebut tentunya dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN di seluruh fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Tujuannya adalah memberikan kemudahan kepada peserta JKN yang akan mengakses layanan kesehatan. Sehingga penting bagi mereka untuk selalu memastikan status keaktifan kepesertaannya agar tidak menemui kendala saat mengakses layanan kesehatan.


Menutup perbincangan, Erni mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam proses penyelenggaraan Program JKN sehingga saat ini seluruh lapisan masyarakat dengan mudah dapat mengakses layanan kesehatan. Tidak ada lagi masyarakat yang merasa takut untuk berobat karena semuanya memiliki hak untuk memanfaatkan layanan kesehatan di bawah Program JKN. 


“Karena saya merupakan peserta JKN yang ditanggung oleh pemerintah, saya tentunya selain berterima kasih kepada BPJS Kesehatan, juga kepada Pemerintah Kota Madiun yang telah memperhatikan masyarakatnya sehingga kami tidak lagi bingung memikirkan masalah biaya ketika berobat. Ini bentuk perhatian yang nyata dari pemerintah,” ungkap Lasmini.


Ia juga menaruh harapan agar program jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS Kesehatan tersebut senantiasa hadir di tengah masyarakat untuk memberikan perlindungan kesehatan secara menyeluruh, sehingga tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dapat tercapai.(rn/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages