Cerita Aufa Tentang Kemudahan Akses Layanan Program JKN - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Cerita Aufa Tentang Kemudahan Akses Layanan Program JKN

Share This

 


Madiun, Pojok Kiri – Aufa Luthfia Amelia Putri atau yang akrab disapa Aufa merupakan salah satu warga Kabupaten Magetan yang saat ini sedang menimba ilmu di salah satu perguruan tinggi di ibu kota. Keadaan tersebut memaksa Aufa harus sanggup untuk menjalani kesehariannya jauh dengan keluarga. 


Aufa yang memiliki riwayat penyakit asam lambung merasa sangat beruntung telah menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), karena kapan membutuhkan pelayanan kesehatan Aufa dapat mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan tempat dirinya terdaftar.


Aufa menceritakan pengalamannya ketika mengakses layanan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) saat tiba-tiba penyakit asam lambungnya kambuh. Awalnya dokter belum memberikan diagnosa bahwa Aufa menderita penyakit asam lambung akut, sehingga oleh dokter yang melayani Aufa diharuskan melakukan tes pemeriksaan lengkap untuk memastikan gejala yang dialami tersebut bukan mengarah pada penyakit jantung.


“Waktu itu saya dibawa ke Unit Gawat Darurat (UGD) dan setelah mendapatkan obat sementara berupa suntikan untuk mengurangi nyeri yang saya rasakan, saya diberikan obat jalan dan direkomendasikan untuk segera melakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter spesialis,” cerita Aufa.



Pengalamannya ketika di UGD rumah sakit dan menggunakan Program JKN, menurut Aufa tetap memberikan penilaian yang baik dan memuaskan. Dengan sigap tenaga kesehatan yang ada melakukan pemeriksaan tanpa memandang apakah pasien itu merupakan pasien umum ataupun pasien yang berasal dari peserta JKN. Ketika pihak rumah sakit mengetahui bahwa Aufa merupakan peserta JKN, pihak rumah sakit menjelaskan secara jelas bagaimana proses administrasi selanjutnya.



“Di bagian administrasi pendaftaran pun memberikan informasi yang jelas tanpa ribet. Saat saya kembali untuk melakukan pemeriksaan di dokter spesialis juga lancar. Hingga sampai bagian farmasi semua pelayanannya sangat baik,” tegasnya.



Bagi Aufa ketika peserta JKN sudah memahami alur dan prosedur yang telah ditetapkan, maka tidak akan ada istilah sulit dan rumit. Terlebih saat ini sudah terdapat banyak kemudahan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program jaminan kesehatan itu.


“Saat ini sudah bisa berobat hanya dengan menunjukkan NIK atau KTP, kemudian misal mengurus administrasi kepesertaan juga bisa melalui Whatsapp. Jadi sudah banyak kemudahan yang harusnya masyarakat luas juga tahu, seharusnya tidak ada lagi alasan untuk tidak mendaftarkan diri sebagai peserta JKN,” kata Aufa.


Selain kemudahan-kemudahan tersebut, Aufa juga menyampaikan jika masyarakat ada pada kondisi ekonomoni yang sulit, juga bisa mengajukan diri sebagai peserta JKN dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI). Seperti yang kita ketahui bahwa peserta JKN segmen PBI merupakan pesreta JKN yang iuran setiap bulannya menjadi tanggung jawab pemerintah setempat.


Tak lupa Aufa juga menyampaikan pesannya untuk peserta JKN tertib dalam hal membayar iuran. Sesuai dengan prinsip gotong royong dalam penyelenggaraan Program JKN, bahwa iuran peserta JKN yang sehat akan digunakan untuk membantu peserta JKN yang sedang membutuhkan biaya layanan kesehatan.


“Jadi jangan beranggapan iuran kita akan sia-sia, justru kalau kita sehat kita juga harus bersyukur dan senang karena kita telah membantu saudara kita yang justru membutuhkan. Di situ lah letak prinsip gotong royongnya,” ungkap Aufa.


Aufa juga berharap Program JKN akan selalu ada dan hadir di tengah masyarakat guna untuk memberikan perlindungan masyarakat di bidang kesehatan. Masyarakat yang sehat akan tetap sehat dan masyarakat yang sakit tentu dapat memanfaatkan program jaminan kesehatan tersebut untuk mendapatkan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang tentunya bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.(rn/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages