Muhammadiyah Babadan Lestarikan Tradisi, Hadirkan Kucingan Pada Gelar Budaya - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Muhammadiyah Babadan Lestarikan Tradisi, Hadirkan Kucingan Pada Gelar Budaya

Share This

Madiun, Pojok Kiri - Dalam rangka pelestarian budaya, Muhammadiyah Babadan sengaja menampilkan seni kucing kucingan.


Hal ini berangkat dari rasa keprihatinan tradisi tari khas Ponorogo ini sekarang semakin jarang ditampilkan atau mendapat apresiasi dari masyarakat.


Dengan gelar budaya yang diselenggarakan oleh Muhammadiyah Babadan ini diharapkan warga masyarakat mengetahui dan menikmati tradisi yang juga tidak lepas dari alat maupun tabuhan reyog.


Dalam seni tari ini hanya di pertontonkan Sirah macan atau ganongan yang ditarikan berkolaborasi dengan bujangganong.


Permainan yang ditampilkan berupa kecerdikan khas yang dilakukan oleh bujangganong iseng menggoda barongan yang sedang asyik istirahat. Karena tingkahnya sehingga memaksa barongan mengamuk bujangganong.


Iringan musik reyog yang rancak dipadu polah bujangganong maupun barongan yang atraktif menjadikan tarian ini begitu asyik untuk dinikmati.


Sebagaimana dijelaskan oleh Juwaini ketua panitia kegiatan,  Muhammadiyah babadan ingin  menyampaikan tetap konsisten melestarikan budaya, juga gelar budaya ini untuk memberi apresiasi kepada pelaku seni khususnya reyog juga dijadikan sarana hiburan kepada masyarakat luas.


Terlebih ini juga bagian dari pengenalan kepada masyarakat umum khususnya struktur kepengurusan Muhammadiyah dan penyampaian program kerja pengurus periode 2022-2027.


Hadir dalam kegiatan yang di gelar di Rest area Suryamart Babadan  (9/10) tersebut selain pengurus dan warga sekitar babadan juga tamu undangan dari perangkat desa dan juga Sunarto, S.Pd. ketua DPRD Kabupaten Ponorogo. (Triz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages