Ayah Menderita Diabetes, Dian Bersyukur Semua Dijamin Oleh Program JKN - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Ayah Menderita Diabetes, Dian Bersyukur Semua Dijamin Oleh Program JKN

Share This

 


Madiun, Pojok Kiri – Diabetes merupakan suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan penyebab beragam yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Tak hanya itu tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolism karbohidrat, lemak, dan protein sebagai akibat gangguan fungsi insulin.


Dian Wahyu, salah seorang warga Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun menceritakan bahwa sang ayah, Suyanto menderita penyakit diabetes semenjak satu tahun yang lalu. Saat ditemui, Dian sedang menemani sang ayah untuk melakukan pemeriksaan rutin di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soedono Kota Madiun. Selama melakukan pemeriksaan rutin tersebut, Dian menegaskan bahwa tidak ada tambahan biaya yang harus dibayarkan kepada rumah sakit.


“Selama ini semua dijamin oleh BPJS Kesehatan, paling kami mengeluarkan untuk biaya transportasi ke rumah sakit saja. Kalau untuk biaya pengobatan di fasilitas kesehatan sama sekali tidak pernah kami mengeluarkan,” kata Dian.


Suyanto tercatat sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) mengungkapkan bahwa selama menjalani pengobatan di fasilitas kesehatan akibat penyakit diabetes yang dideritanya, dirinya selalu memanfaatkan Program JKN. Baik pengobatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) Puji mengaku selalu mendapatkan layanan yang baik dan maksimal.


Penyakit diabetes yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan konsekuensi yang serius hingga menyebabkan kerusakan pada berbagai organ dan jaringan tubuh seperti jantung, ginjal, mata dan saraf. Sehingga bagi penderita penyakit tersebut membutuhkan pengobatan dalam jangka waktu yang tidak sebentar.


“Yang bisa kami lakukan ya mengingatkan bapak untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, tertib meminum obat secara rutin. Meskipun biaya pengobatan seluruhnya ditanggung oleh BPJS Kesehatan, alangkah lebih baik kalau kita juga bisa menjaga kesehatan dari diri kita sendiri,” jelas Dian. 


Melihat bagaimana sang ayah menderita penyakit diabetes, Dian mengungkapkan bahwa pentingnya masyarakat memahami dan menerapkan pola hidup sehat guna mewujudkan kehidupan yang lebih sehat, terutama untuk kalangan usia muda. Bagi Dian tidak ada kata terlambat untuk berubah dan menerapkan pola hidup sehat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, sehingga harapannya adalah tidak terkena berbagai macam penyakit yang sebenarnya bisa untuk dicegah sedini mungkin.


“Kalau memang sudah merasa ada tanda atau gejala masalah kesehatan segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan dan jangan ditunda-tunda, apalagi merasa sehatn berdasar asumsi sendiri. Tujuannya adalah ketika memang ada masalah kesehatan maka kita akan mendapatkan tindakan atau perawatan sedini mungkin sehingga menghindari risiko akan komplikasi penyakit yang justru lebih membahayakan,” imbuhnya.


Terkait dengan deteksi penyakit secara dini, BPJS Kesehatan saat ini telah menyediakan layanan Skrining Riwayat Kesehatan guna mengetahui potensi risiko penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi atau tekanan darah tinggi, gagal ginjal kronik dan jantung koroner sebelum terjadinya penyakit atau perburukan kondisi. Adapun Skrining Riwayat Kesehatan tersebut dapat dilakukan melalui beberapa fitur yaitu Aplikasi Mobile JKN, Website BPJS Kesehatan, Chat Asisstance BPJS Kesehatan (CHIKA) dan Aplikasi Pcare FKTP.


Di akhir perbincangan, Dian menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraannya Program JKN. Baginya, kehadiran program jaminan kesehatan sangatlah membantu masyarakat dalam mewujudkan kehidupan yang sehat.


“Tidak ada lagi rasa cemas saat akan berobat ke fasilitas kesehatan, semua tentu akan dijamin oleh Program JKN, asalkan kepesertaan aktif dan sesuai dengan alur prosedur yang telah ditentukan,” tutup Dian.(rn/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages