Pemilik Jasa Servis Di Kota Madiun Ini Bersyukur Menjadi Peserta JKN - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Pemilik Jasa Servis Di Kota Madiun Ini Bersyukur Menjadi Peserta JKN

Share This


Madiun, Pojok Kiri – Pamula Yohar Crysmadiarta warga Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun ini merupakan salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang memiliki usaha di bidang jasa servis. Pria yang memiliki panggilan akrab Pamula itu menawarkan jasa servis mulai untuk barang elektronik, handphone, laptop, programming hingga pemasangan Close Circuit Television (CCTV).


Usaha jasa servis baru dirintisnya satu tahun ini dan tak jarang Pamula juga merasakan sulitnya mendapatkan permintaan dari konsumen yang hendak memakai jasanya. Hal tersebut akhirnya juga berdampak pada pendapatan dari hasil servis yang tidak pasti.


“Ya akhirnya saya juga harus menerima permintaan konsumen jika harus dipanggil ke rumah atau ke kantor-kantor, sesuai dengan permintaan mereka. Jadi otomatis kan ya harus menjaga kesehatan supaya jika sewaktu-waktu ada panggilan, saya juga bisa melayani dengan baik,” ungkap pria 32 tahun itu.


Pamula sadar bahwa kunci dalam kelancaran untuk menjalankan usaha dan menyelesaikan aktivitas sehari-harinya adalah kesehatan, artinya jika kondisi badan sehat maka aktivitas tidak akan terganggu, terlebih jika tiba-tiba dirinya mendapat permintaan untuk memberbaiki barang elektronik di luar rumah. Di tengah getirnya perjuangan untuk tetap menjalankan usahanya tersebut, Pamula bersyukur karena ia dan keluarganya telah terdaftar sebagai peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), peserta JKN yang iuran setiap bulannya dibayarkan oleh pemerintah daerah setempat.


“Alhamdulillah saya tidak cemas memikirkan bagaimana caranya harus membayar iuran Program JKN setiap bulannya. Yang utama ketika mau berobat ke fasilitas kesehatan, saya memastikan bahwa status kepesertaan saya aktif. Dan itu bisa saya lakukan sendiri melalui Aplikasi Mobile JKN,” ceritanya.


Menambahkan ceritanya, Pamula mengatakan bahwa sang anak pernah mengalami sakit dan dilakukan pemeriksaan ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Saat proses pemeriksaan tersebut Pamula menyebutkan bahwa layanan yang diberikan oleh pihak fasilitas kesehatan, mulai dari bagian administrasi pendaftaran, pemeriksaan oleh dokter, hingga bagian farmasi secara keseluruhan sangat baik dan memuaskan. Bahkan antara pasien umum dan pasien yang merupakan peserta JKN mendapatkan layanan yang sama.


“Saat itu saya bawa anak saya ke Puskesmas Manguharjo, karena memang FKTP saya dan keluarga terdaftar di situ. Sama sekali tidak mengeluarkan biaya di puskesmas dan alhamdulillah kondisi anak saya berangsur membaik,” kata Pamula.


Selain bercerita mengenai pengalamannya ketika memanfaatkan Program JKN saat berobat di fasilitas kesehatan, Pamula juga mengapresiasi kehadiran Aplikasi Mobile JKN yang memang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan peserta JKN. Salah satu kemudahan yang dirasakan Pamula saat ini adalah adanya fitur KIS Digital yang dapat dibuka melalui aplikasi tersebut.


“Mungkin yang harus masyarakat tahu bahwa sekarang kalau berobat kan bisa dengan menunjukkan KIS Digital atau bahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Nomor Identitas Kependudukan (NIK), kita tetap akan mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan sesuai dengan hak kita sebagai peserta JKN. Jadi tidak lagi perlu cemas jika kartu fisiknya ketinggalan atau hilang,” tegasnya.


Menutup perbincangan, Pamula berharap agar kemudahan-kemudahan yang telah disuguhkan dapat dipahami oleh seluruh masyarakat, sehingga masyarakat juga dapat secara nyata merasakan kemudahan layanan yang berujung pada peningkatan kepuasan terhadap layanan yang diberikan, baik layanan administrasi maupun layanan kesehatan. Tak lupa ia juga menghimbau kepada masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN, untuk segera mendaftarkan diri beserta keluarganya. (rn/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages