Pengalaman dan Perjuangan Samadi Sakit Jantung Menggunakan Program JKN Program JKN - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Pengalaman dan Perjuangan Samadi Sakit Jantung Menggunakan Program JKN Program JKN

Share This

 


Madiun, Pojok Kiri – Di usianya yang lebih dari setengah abad, Samadi masih tetap berjuang hidup mengandalkan kekuatan kaki demi menafkahi keluarga. Pria 70 tahun yang sehari-harinya berprofesi sebagai pengayuh becak itu menceritakan bahwa kondisi kesehatan dirinya tidak sekuat dengan apa yang terlihat dari luar.


“Saya ini menderita penyakit jantung dan asam urat. Sewaktu-waktu kedua penyakit itu bisa kambuh, dan kalau sudah kambuh ya artinya saya harus berobat, beristirahat dan tidak bisa narik becak lagi untuk sementara waktu,” cerita warga Kota Madiun itu.


Samadi yang tercatat sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), menceritakan bahwa dirinya melakukan pemeriksaan rutin di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Jika hasil pemeriksaan menunjukkan perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan, Samadi diberikan rujukan ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). 


Faktor usia menjadi salah satu penyebab Samadi mengidap dua penyakit yang proses penyembuhannya memakan waktu tidak sebentar. Penyakit asam urat yang dapat menyebabkan gejala nyeri sendi tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Penyakit jantung yang merupakan jenis penyakit dengan kondisi arteri jantung tidak dapat mengalirkan cukup darah yang kaya oksigen ke jantung, sehingga menimbulkan keluhan seperti nyeri dada, sesak nafas dan gejala serangan jantung


“Bersyukur sekali menjadi peserta JKN karena selama ini berobat di puskesmas dan rumah sakit sama sekali tidak pernah mengeluarkan biaya, pelayanan dari tenaga kesehatannya juga sangat baik,” kata Samadi.


Pengalamannya ketika berobat di rumah sakit dan menggunakan Program JKN, menurut Samadi pihak rumah sakit tetap memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan. Dengan sigap tenaga kesehatan yang bertugas melakukan pemeriksaan tanpa memandang apakah pasien itu merupakan pasien umum ataupun pasien yang berasal dari peserta JKN. Ketika pihak rumah sakit mengetahui bahwa Samadi merupakan peserta JKN, pihak rumah sakit menjelaskan secara jelas bagaimana proses administrasi selanjutnya.


Samadi mengatakan bahwa Program JKN sangat luar biasa dalam membantu masyarakat dalam hal pembiayaan kesehatan. Dirinya menegaskan bahwa ketika peserta JKN telah mengikuti alur dan prosedur yang telah ditetapkan, maka biaya pelayanan kesehatan sepenuhnya akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Terlebih saat ini sudah terdapat banyak kemudahan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program jaminan kesehatan itu.


“Saat ini sudah bisa berobat hanya dengan menunjukkan NIK atau KTP, kalau diberikan rujukan ke rumah sakit ya dilampiri surat rujukan dari puskesmas. Jadi sudah banyak kemudahan yang harusnya masyarakat luas juga tahu, seharusnya tidak ada lagi alasan untuk tidak mendaftarkan diri sebagai peserta JKN,” kata Aufa.


Selain kemudahan-kemudahan tersebut, Samadi juga menyampaikan jika masyarakat ada pada kondisi ekonomoni yang sulit, juga bisa mengajukan diri sebagai peserta JKN dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI). Seperti yang kita ketahui bahwa peserta JKN segmen PBI merupakan pesreta JKN yang iuran setiap bulannya menjadi tanggung jawab pemerintah setempat.


Tak lupa Samadi juga menyampaikan pesannya untuk peserta JKN tertib dalam hal membayar iuran. Sesuai dengan prinsip gotong royong dalam penyelenggaraan Program JKN, bahwa iuran peserta JKN yang sehat akan digunakan untuk membantu peserta JKN yang sedang membutuhkan biaya layanan kesehatan.


“Jadi jangan beranggapan iuran kita akan sia-sia, justru kalau kita sehat kita juga harus bersyukur dan senang karena kita telah membantu saudara kita yang justru membutuhkan. Di situ lah letak prinsip gotong royongnya,” ungkap Samadi.(rn/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages