Linda Merasakan Pentingnya Menjadi Peserta JKN - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Linda Merasakan Pentingnya Menjadi Peserta JKN

Share This

 


Madiun, Pojok Kiri - Linda Merpati warga Kelurahan Pandean Kecamatan Taman, Kota Madiun, telah lama bekerja di CV Cokro Bersatu atau perusahaan roti bluder Cokro, di usia 56 tahun, Linda merasakan pentingnya menjadi peserta JKN. 


Linda Merpati yang tercatat sebagai peserta JKN pada segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) menceritakan pengalamannya yang mengharuskan kontrol kesehatan setiap bulannya. 


" Di awal saya merasa berat bayar iurannya, tetapi seiring waktu, setelah usia bertambah, JKN sangat membantu, karena saya memiliki riwayat sakit yang mengharuskan kontrol kesehatan secara rutin " Terang Linda Merpati. 


Linda yang beberapa bulan lalu melakukan operasi tumor di bagian kepala, merasa puas dengan pelayanan yang diterima. 


" Bulan lalu saya operasi tumor di daerah kepala saya, dengan menggunakan JKN  saya mendapatkan pelayanan yang baik, tidak ada kesulitan saat menyelesaikan administrasi " Jelas Linda. 


Selain tumor, Linda memiliki riwayat penyakit Hipertensi dan diabetes, Penyakit diabetes pada umumnya terjadi ketika tubuh penderitanya tidak lagi mampu untuk mengambil darah (glukosa) ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi. Hal itulah yang pada akhirnya menghasilkan penumpukan gula yang berlebih di dalam aliran darah tubuh penderitanya. Penyakit diabetes yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan konsekuensi yang serius hingga menyebabkan kerusakan pada berbagai organ dan jaringan tubuh seperti jantung, ginjal, mata dan saraf.



“Saya sadar kalau penyakit diabetes ini akan kambuh sewaktu-waktu jika saya tidak menjaga diri. Jadi saya sendiri harus bisa untuk menjaga pola hidup sehat, mengontrol pola makan hingga berolahraga setiap harinya. Meskipun jika sakit ditanggung oleh BPJS Kesehatan, alangkah lebih baik dari saya sendiri juga dapat mencegah penyakit tersebut kambuh,” jelas perempuan 56 tahun tersebut.



Linda yang memasuki usia tak lagi muda menyadari bahwa sudah menjadi tanggung jawab masing-masing orang untuk bisa menjaga kesehatan demi mewujudkan kehidupan yang sehat. Selain itu mendeteksi penyakit kronis juga harus dilakukan setiap orang guna sedini mungkin mewaspadai datangnya berbagai penyakit yang akan muncul dan memiliki efek jangka panjang.



“ Jika sekiranya sudah ada tanda atau gejala masalah kesehatan segera memeriksakan diri ke dokter, Tujuannya adalah untuk mendapatkan tindakan atau perawatan sedini mungkin sehingga menghindari risiko akan komplikasi penyakit,” imbuhnya.



Terkait dengan deteksi penyakit secara dini, BPJS Kesehatan saat ini telah menyediakan layanan Skrining Riwayat Kesehatan guna mengetahui potensi risiko penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi atau tekanan darah tinggi, gagal ginjal kronik dan jantung koroner sebelum terjadinya penyakit atau perburukan kondisi. Adapun Skrining Riwayat Kesehatan tersebut dapat dilakukan melalui beberapa fitur yaitu Aplikasi Mobile JKN, Website BPJS Kesehatan, Chat Asisstance BPJS Kesehatan (CHIKA) dan Aplikasi Pcare FKTP.



Linda juga tak lupa menghimbau kepada seluruh masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN, untuk segera mendaftarkan diri beserta keluarganya untuk menjadi peserta program jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Ia mengungkapkan bahwa banyak manfaat yang dapat dirasakan jika telah menjadi peserta JKN, salah satunya adalah rasa tenang dan aman ketika membutuhkan pelayanan kesehatan.



“Sebagai peserta JKN segmen PBI saya tak lupa menyampaikan terima kasih kepada  CV Cokro Bersatu yang telah turut serta memperhatikan jaminan kesehatan karyawannya. Kami sekeluarga bisa memanfaatkan pelayanan kesehatan tanpa rasa cemas memikirkan masalah biaya. Semoga pelayanan di fasilitas kesehatan juga lebih ditingkatkan sehingga kepuasan peserta JKN juga lebih meningkat ketika mengakses layanan kesehatan,” tutup Linda.(tk/yah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages