Rasakan Manfaat Program JKN, Mega : Tak Lagi Perlu Cemas Jika Berobat - Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman

Pojok Kiri Mataraman Kumpulan Berita Dan Informasi Terkini

Rasakan Manfaat Program JKN, Mega : Tak Lagi Perlu Cemas Jika Berobat

Share This

 


Madiun, Pojok Kiri – Mega Aprilia, warga Kota Madiun merasakan betapa besar manfaat yang diperoleh ketika menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Perempuan yang sudah dikaruniai dua orang anak itu memiliki pengalaman menjalani proses persalinan dengan memanfaatkan Program JKN. 


“Selain saat menjalani proses persalinan kedua anak saya, saya juga pernah menderita sakit vertigo yang juga akhirnya harus menjalani rawat inap rumah sakit karena memang saat itu benar-benar kondisinya pusing berlebihan,” kata Mega membuka perbincangan.


Perempuan 29 tahun yang notabene merupakan peserta JKN itu, mengaku tidak lagi cemas memikirkan biaya pelayanan kesehatan jika sewaktu-waktu ia ataupun keluarganya di tengah kondisi yang tidak sehat dan memerlukan tindakan di fasilitas kesehatan. Mega menegaskan bahwa selama sesuai dengan alur dan prosedur yang telah ditetapkan, maka seluruh biaya pelayanan kesehatan tentu akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.


“Kalau dulu sebelum terdaftar sebagai peserta JKN, misalnya sakit ya berpikir untuk ke dokter. Selalu takut kalau nanti biayanya mahal, apalagi kalau misal harus dirujuk ke rumah sakit. Tapi sekarang, benar-benar tenang karena jika kita sesuai dengan alur dan prosedur yang telah ditentukan, pastinya akan dijamin oleh BPJS Kesehatan,” jelasnya.


Saat dalam kondisi tengah mengandung buah hatinya, Mega secara rutin memeriksakan kondisi kehamilannya di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat dirinya terdaftar. Pelayanan yang dirasakan saat mengakses layanan kesehatan menggunakan Program JKN, menurutnya sangat baik dan memuaskan. Dirinya memperhatikan juga bahwa tidak ada perbedaan layanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan kepada pasien peserta JKN, maupun pasien yang membayar secara mandiri.


“Mulai dari pendaftaran, hingga akhirnya mendapatkan obat, semua petugasnya baik dan memberikan informasi yang jelas. Saya sebagai peserta JKN bisa memberikan testimoni bahwa pelayanannya cukup memuaskan. Bahkan ada kemudahan yang saya dengar bahwa saat ini sudah bisa berobat cukup menunjukkan NIK atau KIS Digital yang bisa ditunjukkan melalui Aplikasi Mobile JKN,” tambah Mega.


Akses layanan yang dilakukan BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraan Program JKN yang salah satunya adalah cukup menunjukkan NIK atau KTP tersebut tentunya dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN di seluruh fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Tujuannya adalah memberikan kemudahan kepada peserta JKN yang akan mengakses layanan kesehatan. Sehingga penting bagi mereka untuk selalu memastikan status keaktifan kepesertaannya agar tidak menemui kendala saat mengakses layanan kesehatan.


Menutup perbincangan, Mega  mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam proses penyelenggaraan Program JKN sehingga saat ini seluruh lapisan masyarakat dengan mudah dapat mengakses layanan kesehatan. Tidak ada lagi masyarakat yang merasa takut untuk berobat karena semuanya memiliki hak untuk memanfaatkan layanan kesehatan di bawah Program JKN. 


“Satu hal yang harus kita perhatikan bahwa pastikan status kepesertaan JKN dalam selalu aktif. Salah satunya adalah dengan cara membayar iuran tepat waktu, sehingga tidak ada tunggakan iuran yang akan menyebabkan status kepesertaan JKN menjadi tidak aktif. Kalau JKN kita dalam status aktif, tentu kita akan tenang kapan dan di mana saja,” ungkap Mega.


Ia juga menaruh harapan agar program jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS Kesehatan tersebut senantiasa hadir di tengah masyarakat untuk memberikan perlindungan kesehatan secara menyeluruh, sehingga tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dapat tercapai.(rn/tk/yah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Pages